Aplikasi Paket Data Lebih Hemat 

  • Whatsapp

Sejak era smartphone mendominasi pasar teknologi, aplikasi paket data internet menjadi vital dan tak terpisahkan dari penggunaan ponsel. Provider pun berlomba-lomba menawarkan paket data berukuran besar dengan harga bersaing. Orang-orang juga saat ini memadati kafe dan berbagai tempat hang out, tak lain untuk memanfaatkan konektivitas nirkabel alias WiFi.

Penggunaan aplikasi, terutama yang harus digunakan secara online, jelas memakan paket data yang besar. Bahkan paket data yang digunakan bisa mencapai 3 hingga 4 GB sebulan. Ini menjadi bukti bahwa pengguna smartphone saat ini tidak bisa lepas dari internet.

Read More

Namun, beberapa perusahaan mengembangkan aplikasi yang dijamin hemat paket data seluler, sehingga Anda tidak perlu khawatir kuota cepat habis. Inilah 5 di antaranya.

Facebook Lite

Salah satu aplikasi media sosial terpopuler di dunia ini memang membutuhkan data yang besar untuk menjalankannya. Pengguna juga harus memberikan ruang yang cukup untuk penyimpanan internal karena aplikasi ini memiliki kapasitas data lebih dari 100MB.

Facebook menyadari hal ini dan meluncurkan Facebook Lite. Aplikasi ini merupakan versi ringan dari Facebook dengan penggunaan paket data yang rendah dan efisien. Proses loadingnya juga lebih cepat sehingga cocok untuk yang memiliki kuota data terbatas. Facebook Lite juga bisa digunakan oleh smartphone dengan spesifikasi rendah.

Paket Data

Paket Data Untuk Opera

Sejak dulu, Opera dikenal sebagai browser yang efisien dan efisien dalam penggunaan data internet. Hal ini karena hadirnya fitur Opera Turbo. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan proses browsing tanpa harus khawatir kuota paket data berkurang drastis.

Mengaktifkan fitur ini bisa diakses di Settings > Data Savings, lalu aktifkan Enable Data Savings dan Block Ads. Kurangi juga ukuran Image Quality agar paket data tidak terkuras, karena gambar berkualitas tinggi akan membuang kuota internet Anda.

Opera Maks

Aplikasi ini dibuat oleh Opera, namun dengan fungsi yang berbeda. Opera Max adalah aplikasi VPN (Virtual Private Network) yang secara drastis dapat mengurangi penggunaan paket data seluler Anda hingga 50%. Proses ini dilakukan dengan cara mengompresi data yang berasal dari jaringan internet sesaat sebelum masuk ke smartphone.

Fitur kompresi data ini dijalankan dengan menekan tombol merah besar di tengah saat aplikasi dibuka. Selain kompresi data, aplikasi ini juga akan memberikan indikator jumlah penggunaan data seluler dan data WiFi yang digunakan dari setiap aplikasi yang terhubung. Ketika tombol merah ditekan, itu akan berubah menjadi hijau, di mana ada penghitung waktu mundur. Timer ini diberikan oleh Opera Max untuk mengukur berapa lama waktu kompresi data. Namun, pengguna dapat mengatur timer untuk meningkatkan waktu kompresi data.

NetGuard-No Root Firewall

Aplikasi ini merupakan sejenis firewall yang berfungsi untuk mengontrol aplikasi apa saja yang boleh terhubung ke internet setiap saat. Perlu diketahui, kuota seluler bisa cepat habis karena sejumlah aplikasi terus terkoneksi ke internet tanpa terdeteksi. Oleh karena itu, diperlukan firewall untuk mengontrol penggunaan paket data. Caranya mudah, Anda hanya perlu menentukan aplikasi apa yang ingin Anda hentikan aksesnya, lalu pilih ikon drop down atau perluas di sebelah aplikasi yang dipilih.

Pantau Paket Data Via My Data Manager

Untuk dapat memantau penggunaan data seluler di ponsel Anda, gunakan aplikasi My Data Manager. Setiap aplikasi yang diinstal akan dipantau proses penggunaan datanya oleh aplikasi ini. Settingnya cukup mudah yaitu dengan tap Set atau Join Data Plan. Bagian ini akan memberikan fitur untuk mengatur penggunaan data seluler hingga pembatasan roaming data. Aplikasi ini juga menyediakan indikator penggunaan paket data seluler dari setiap aplikasi di ponsel. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.