Cara Mudah Unroot Android

  • Whatsapp

Rooting smartphone Android akan membuka potensi terbesar dari sistem operasi ponsel, seperti yang dijelaskan dalam artikel 10 alasan kuat untuk melakukan root Android. Walaupun memiliki manfaat yang besar, root juga memiliki resiko, seperti hilangnya garansi resmi smartphone, parahnya jika tidak peduli dengan bermain root, smartphone Anda bisa error atau bahkan crash. Android yang di-root dapat di-unroot kembali dengan beberapa metode unroot Android di bawah ini.

Beberapa alasan lain untuk unrooting adalah ingin mendapatkan kembali garansi. Terkadang terjadi kerusakan pada hardware smartphone anda dan masih dalam masa garansi resmi, tentunya anda ingin claim garansi agar tidak perlu mengeluarkan uang. Namun bagaimana jika smartphone tersebut sudah di root? Ah, unroot saja, mungkin operatornya tidak tahu. Selain itu ketika smartphone akan dijual kembali, biasanya pembeli menginginkan smartphone yang masih seperti baru tentunya belum di root.

Read More

Beberapa tutor diluar sana banyak yang membahas tentang cara root android, tapi untuk tutorial unroot dikatakan jarang. Maka pada postingan kali ini saya akan membahas cara mudah unroot smartphone android.

Unroot Android Menggunakan SuperSU

Banyak pengguna memanfaatkan SuperSU, alat populer untuk mengelola ponsel cerdas yang di-rooting. Kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur unroot-nya. Proses unroot Android sangat mudah, cukup buka aplikasi SuperSU dan masuk ke tab Settings. Gulir ke bawah dan pilih “Full Unroot”. Ikuti petunjuknya dan biarkan smartphone menyelesaikan prosesnya. Setelah itu restart smartphone dan smartphone akan kembali normal.

Unroot Android

Unroot Menggunakan File Manager

Akses root mungkin tampak seperti hal yang rumit, tetapi sebenarnya tidak. Hanya dengan menghapus beberapa file, akses root akan hilang. Untuk melakukan metode ini, Anda memerlukan File Manager yang membutuhkan akses root. Anda dapat memilih ES File Manager (mengaktifkan akses root di pengaturan) atau Root Explorer.

  • Buka aplikasi pengelola file tadi, lalu buka drive utama smartphone. Cariі dan buka folder ‘sistem’.
  • Selanjutnya buka folder ‘bіn’. Temukan dan hapus file ‘busybox’ dan ‘su’. Jika Anda tidak menemukannya, ikuti langkah selanjutnya.
  • Kembali ke folder ‘system’, buka folder ‘xbіn’. Temukan dan hapus file ‘busybox’ dan ‘su’.
  • Kembali ke folder ‘system’ lagі. Buka folder ‘aplikasi’. Temukan dan hapus ‘supersu.apk’
  • Restart smartphone Anda dan proses unroot selesai.

Unroot Android Dengan Menginstal Pembaruan OTA

Umumnya update OTA akan menghilangkan akses root. Namun, sebagian besar pengguna akan melakukan root ulang setelah pembaruan. Jika Anda ingin menghapus atau menghapus akses root, cukup instal pembaruan terbaru.

Kelemahan dari cara ini, Anda harus menunggu update terbaru untuk smartphone Anda. Jangan lupa uninstall aplikasi SuperSU atau root tools sejenis. Terakhir, perlu diingat! Anda hanya dapat melakukan pembaruan OTA jika Anda masih menggunakan pemulihan stok

Unroot Dengan Menginstal Stock Firmware

Cara terbaik untuk unroot Android adalah dengan menginstal firmware asli dari smartphone Anda. Dengan menginstal firmware asli maka ROM, kernel, recovery dan lain-lain akan kembali seperti kondisi baru. Ini karena firmware berisi semua perangkat lunak smartphone yang dikemas menjadi satu.

Saya tidak akan menjelaskan cara menginstal firmware asli karena setiap model smartphone memiliki cara yang berbeda. Anda perlu banyak membaca di forum XDA atau forum lain untuk mengetahui cara menginstal firmware secara khusus di ponsel cerdas Anda.

Rooting smartphone Android memang memiliki manfaat dan resiko yang besar. Tentu saja mod atau hack smartphone tidak selalu cocok untuk semua orang. Saya pribadi merekomendasikan cara unroot android yang terakhir karena anda akan mendapatkan smartphone yang bersih dan normal seperti baru kembali. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *